مرحبا بكم في الموقع الرسمي لمعهد الجامعة الإسلامية الحكومبة باري-باري

Kamis, 11 Agustus 2011

Tanmiyah Lughoh dan Mahkamah Bahasa

Contoh kertas jasus
Salah satu Kegiatan Ma’had Jamiah STAIN Parepare yang sangat bermanfaat terutama di bidang peningkatan bahasa, baik itu bahasa arab maupun bahasa inggris adalah Tanmiyah Lughoh (English dan Arabic Area). Yaitu dengan mewajibkan seluruh Mahasantri untuk berkomunikasi dalam bahasa asing (baca: Bahasa Arab dan Inggris) dalam kehidupan sehari-hari mereka, dimanapun dan kapan pun. Disamping itu, untuk mengoreksi/ memperbaiki kaidah atau kesalahan dalam penggunaan bahasa mereka, maka mahasantri juga diberikan pelajaran Qawa’id dan Grammar dalam kelas, sehingga tidak lebih dari satu tahun para mahasantri sudah mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab dan inggris dengan lancar, baik dan benar.
Memang sebuah sistem dan lingkungan sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga sukar sekali bagi para mahasiswa/mahasantri bercakap dalam bahasa selain bahasa Arab dan bahasa Inggris. Di dalam kamar, dalam kelas, dalam dapur, dalam masjid dan di mana saja para mahasantri diwajibkan menggunakan bahasa Arab atau bahasa Inggris. Dan barangsiapa melanggar peraturan bahasa, maka ia harus siap dihadapkan ke mahkamah bahasa yang dijalankan oleh para mudabbir atau pembina ma’had. Hukuman bagi yang melanggar bahasa juga bervariasi dan sifatnya mendidik (edukatif), seperti menghafal vocabulary/ Mufradat, menghafal tashrif, naskah pidato, dan lain-lain sebagainya.

Untuk menjaga ketertiban berbahasa serta mengawasi peningkatan bahasa mahasantri, maka ma’had jami’ah STAIN Parepare menjalankan sistem Jasus (baca: mata-mata bahasa) yang di ambil dari mahasantri dan ditunjuk oleh mudabbir atau bagian bahasa ma’had jami’ah. Jasus inilah yang akan bertugas untuk mengawasi dan mencatat siapa-siapa yang melanggar bahasa atau yang tidak berbahasa arab dan berbahasa inggris, kemudian akan dilaporkan kepada pembina ma’had jamiah dan ditindak di Mahkamah Bahasa. Menjadi seorang jasus /mata-mata bahasa juga mengajarkan kepada mahasantri untuk melatih kejujuran, amanah dan tanggung jawab atas tugas yang telah di berikan. Maka dengan itu mahasantri akan terdidik untuk senantiasa mencontoh sifat-sifat nabi, yaitu sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh. Parctice makes Perfect

Komentar :

ada 0 komentar ke “Tanmiyah Lughoh dan Mahkamah Bahasa”

Posting Komentar

 

© 2011 Fresh Template. Powered by Blogger.

Pusat PASIH by Dirja.