مرحبا بكم في الموقع الرسمي لمعهد الجامعة الإسلامية الحكومبة باري-باري

Kamis, 11 Agustus 2011

AMALAN TERBAIK DI BULAN RAMADHAN

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم:

« أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ لِلَّهِ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ ». رواه النسائي

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, beliau berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, Allah telah mewajibkan atas kalian berpuasa di dalamnya, dibuka pintu-pintu langit dan ditutup pintu-pintu neraka jahim serta dibelenggu pemimpin-pemimpin setan, di dalamnya Allah mempunyai satu malam yang lebih baik dari seribu bulan siapa yang dihalangi untuk mendapatkan kebaikannya maka ia telah benar-benar dihalangi dari kebaikan". Hadits riwayat An Nasai dan dishahihkan oleh al-Albani (no. 55)

يا باغي الخير أقبل...!!!

Wahai Pencari Kebaikan Sambutlah bulan ini...!!!

Amalan-Amalan inti di Bulan Ramadhan:

1. Berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala maka akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu." Muttafaqun 'alaihi

2. Berbuka dan menyegerakannya, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

لاَ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

"Selalu para manusia di dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka". Hadits riwayat Bukhari Muslim

3. Shalat tarawih berjama'ah, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa yang beribadah pada malam hari karena keimanan dan mengharapkan pahala maka akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu". Muttafaqun 'alaihi.

4. Makan sahur, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

"Makan Sahurlah kalian, karena sesungguhnya di dalam sahur itu ada berkah". Hadits riwayat Bukhari Muslim

5. Bershadaqah atau memberi makan atau membukakan puasa, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

"Barangsiapa yang membukakan puasa maka baginya pahala sepertinya (orang berpuasa tadi) tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tadi". Hadits riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami' (no. 6415).

6. Bersungguh-sungguh dalam membaca Al Quran seraya mentadabburinya, karena Raulullah shallallahu 'alaihi wasallam didatangi oleh Jibril 'alaihis salam di bulan Ramadhan untuk mempeljari Al Quran, dan beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم َرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya dengan hal tersebut satu hasanah, dan satu hasanah dilipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan, dan aku tidak mengatakan Alif laam mim satu huruf akan tetapi alif satu huruf laam satu huruf dan mim satu huruf". Hadits riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam As Silsilah Ash Shahihah (no. 33227).

7. Duduk di masjid sampai terbit matahari, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ, تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

"Barangsiapa yang shalat shubuh berjama'ah kemudian duduk berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari kemudian shalat dua raka'at maka baginya seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, yang sempurna, yang sempurna". Hadits riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam As Silsilah Ash Shahihah (no. 3403).

8. Mengerjakan umrah di bulan Ramadhan, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

فَعُمْرَةٌ فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً. أَوْ حَجَّةً مَعِى

"Mengerjakan umrah di bulan Ramadhan senilai dengan haji atau haji bersamaku". Muttafaqun 'alaihi dan ini lafazh riwayat Muslim.

9. I'tikaf, karena "Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam beri'tikaf pada setiap bulan Ramadhan selama sepuluh hari, dan ketika pada tahun yang diwafatkan beliau di dalamnya beliau beri'tikaf sebanyak 20 hari...". Hadits riwayat Imam Bukhari.

10. Memperbanyak doa, dzikir dan istighfar terutama ketika waktu-waktu yang mustajab seperti sahur, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

"Allah Ta'ala berfirman ketika turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir: "Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka Aku akan kabulkan baginya, barangsiapa yang memohon kepada-Ku maka Aku akan berikan kepadanya, barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku maka Aku akan ampuni dia". Muttafaqun 'alaihi.

Ketika berpuasa atau berbuka puasa, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ : دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ

"Tiga doa yang dikabulkan, doanya orang yang berpuasa, doanya orang yang terzhalimi dan doanya seorang musafir". Hadits riwayat Ath Thabarani dan Al Baihaqi serta dishahihkan oleh al-Albani di dalam As Silsilah Ash Shahihah (No. 1797)

Komentar :

ada 0 komentar ke “AMALAN TERBAIK DI BULAN RAMADHAN”

Posting Komentar

 

© 2011 Fresh Template. Powered by Blogger.

Pusat PASIH by Dirja.