مرحبا بكم في الموقع الرسمي لمعهد الجامعة الإسلامية الحكومبة باري-باري

Selasa, 11 Mei 2010

7 Tips bisnis yang berkah

Sekedar tips dari kolom Kiat Manajemen Qalbu
1. Sedikit untung banyak laku. Setiap orang tentu ingin mendapatkan keuntungan baik dari sisi produsen/penjual dan sisi konsumen dalam transaksi bisnis. Karenanya, bisnis yang paling menguntungkan dalam islam adalah bisnis yang membuat semakin banyak orang merasa diuntungkan. Ungkapkan rasa syukur kita kepada Allah dengan merasa nikmat jika melihat orang lain-konsumen- mendapatkan barang yang
baik dengan harga murah.
2. Jangan pernah mempersulit dan memperumit orang lain ketika bertransaksi. Buatlah suasana mudah dan menyenangkan dalam setiap bertransaksi sehingga jika jadi atau tidak, transaksi yang dilakukan selalu meninggalkan kesan kebaikan yang tergambar pada kedua belah pihak.
3. Sangat jujur. Kejujuran adalah harga diri, kehormatan dan kemuliaan sehingga kejujuran merupakan harga mati yang harus dilakukan seseorang yang ingin usahanya berkah.
4. Tepat janji.Janji adalah hutang, karenanya hitunglah dengan secermat-cermatnya setiap janji yang terucap, apakah memang benar kita mampu memenuhinya atau tidak? Lebih baik mengatakan tidak jika tak sanggup, namun jika janji itu sudah terucap di bibir, berjuanglah dengan sekuat-kuatnya untuk menunaikannya.
5. Amanah.Tidak ada yang lebih terhormat dari sifat-sifat mulia selain memunaikan amanah seperti dikisahkan ketika Allah memberikan amanah kepada gunung, laut, pepohonan dn makhluk lainnya namun semuanya menolak tapi manusia menerimanya. Karenanya suatu kehormatan besar jikalau kita bias menunaikan amanah yang kita terima,begitu pula dalam urusan bisnis.
6. Bertabur zikir dan Do’a. Dengan berzikir kepada Allah, niscaya transaksi bisnis apapun yang kita lakukan akan lebih bermakna. Sehingga sangat dianjurkan bila mengawali suatu trasaksi dengan mengucapkan basmalah dan mengakhirinya denga ucapan hamdalah. Buah dari zikir tersebut akan menjadikan semacam rem dalam berperilaku bisnis agar selalu sesuai dengan tuntunan Allah dan RasulNya.Taburkan juga do’a-do’a karena do’a adalah senjata orang beriman dan perubah takdir. Do’a akan membuka kemudahan, jalan pertolongan dan jalan kebaikan.
7. Sedekah Melimpah. Sedekah adalah penolak bala dan pelipat ganda rezeki, tentunya setelah zakat ditunaikan. Tak hanya pemilik perusahaan tapi semua bagian yang terlibat dalam bisnis dianjurkan melakukannya.
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

Komentar :

ada 0 komentar ke “7 Tips bisnis yang berkah”

Posting Komentar

 

© 2011 Fresh Template. Powered by Blogger.

Pusat PASIH by Dirja.