مرحبا بكم في الموقع الرسمي لمعهد الجامعة الإسلامية الحكومبة باري-باري

Sabtu, 03 September 2011

Pemberian Kosakata (Mufradat/ Vocabulary)

Kosakata merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dimiliki oleh pembelajar bahasa asing termasuk bahasa Arab dan Inggris. Perbendaharaan kosakata bahasa yang memadai dapat menunjang seseorang dalam berkomunikasi dan menulis dengan bahasa tersebut. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa berbicara dan menulis yang merupakan kemahiran berbahasa tidak dapat tidak, harus didukung oleh pengetahuan dan penguasaan kosakata yang kaya, produktif dan aktual.

Pada prinsipnya Kosakata adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran bahasa terutama bahasa asing. Komunikasi manusia baik berupa tulisan maupun lisan yang dibangun oleh penggunaan kosakata yang tepat dan memadai serta kaya akan bentuk dan maknanya akan memberikan prestise tertentu bagi penggunanya.
Oleh karena itu, pembelajaran kosakata sebagai bagian dari pembelajaran bahasa dapat dijadikan salah satu faktor pendukung untuk memperoleh kemahiran berbahasa (al-mahârât al-lughawiyyah).

Dalam pembelajaran kosakata (al-mufradât/Vocabulary-red) ada baiknya dimulai dengan kosakata dasar yang tidak mudah berubah, seperti halnya istilah kekerabatan, nama-nama bagian tubuh, kata ganti, kata kerja pokok serta beberapa kosakata lain yang mudah untuk dipelajari. Metode yang bisa digunakan dalam pembelajarannya antara lain yaitu metode secara langsung, metode meniru dan menghafal, metode Aural-Oral Approach, metode membaca, metode Gramatika-Translation, metode pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar dan alat peraga serta pembelajaran dengan lagu atau menyanyi Arab. Teknik yang dapat dilakukan yakni dengan berbagai teknik permainan bahasa, misalnya dengan perbandingan, memperhatikan susunan huruf, penggunaan kamus dan lainnya.

Sejalan dengan teori di atas, maka demi pembinaan dan peningkatan kemampuan berbahasa mahasantri Ma'had Jamiah STAIN Parepare mengadakan kegiatan pemberian kosakata setiap pagi yang di handle atau ditangani langsung oleh pembina bagian bahasa Ma'had. Tehnik pemberian kosakatanya juga bervariasi dan inovatif. Salah satu contohnya adalah Pembina menuliskan 2 mufradat/vocabularies berserta contohnya. Kemudian semua mahasantri membaca mufradat/vocabularies tersebut bersama-sama. Setelah itu beberapa orang mahasantri diminta untuk membuat kalimat dengan mufradat/vocabularies tersebut. Setiap mufradat/vocabularies wajib dicatat dan dibuatkan 1 contoh kalimat. Untuk mengevaluasi hafalan mahasantri, setiap buku mufradat/vocabularies dikumpulkan kepada pembina untuk diperiksa, dinilai dan dikoreksi. Dengan begitu peningkatan dan perkembangan kosakata mereka bisa di di awasi/kontrol setiap saat.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Pemberian Kosakata (Mufradat/ Vocabulary)”

Posting Komentar

 

© 2011 Fresh Template. Powered by Blogger.

Pusat PASIH by Dirja.