مرحبا بكم في الموقع الرسمي لمعهد الجامعة الإسلامية الحكومبة باري-باري

Kamis, 04 Agustus 2011

PENTINGNYA DOA DAN IKHTIYAR DALAM SEGALA AKTIFITAS/SEHARI-HARI (Malam Ke-10)

Oleh : Kaharuddin, S. Ag., M. Pd. I

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

I. Pengertian doa
Do’a merupakan bentuk permohonan bantuan dari seorang hamba pada Allah dengan menampakkan kefakiran kepada-Nya dan membebaskan diri dari keyakinan adanya kekuatan lain seelain dari Allah SWT. Do’a juga suatu bentuk komunikasi antara seorang hamba dengan Khaliq dalam rangka memohon dan meminta hajat di dunia dan di akherat, mengeluh dan mengadu atas permasalahan hidup yang dihadapi.
II. Ikhtiyar dan Doa dalam aktifitas sehari-hari
Doa begitu penting bagi kita semua, karena sebenarnya doa memiliki andil yang sangat besar dalam membentuk ketenangan jiwa bagi siapapun yang melakukan. Tidak dapat dapat dipungkiri lagi betapa besar manfaat doa, bahkan doa dapat dibuktikan secara ilmiyah sama kuatnya dengan pembuktian Fisika. Doa merupakan senjata orang-orang mukmin, sebagaimana Sabda Rasulullah saw.
الدُّعَاءُ صِلاَحُ الْمُؤْمِنِيْنَ (الحديث)
Artinya : Doa itu adalah senjatanya orang-orang mukmin
Lalu apakah doa sudah cukup tanpa ada usaha dan ikhtiyar dalam aktifitas sehari-hari? Ternyata doa tidak hanya cukup tanpa dibarengi dengan usaha dan ikhtiyar. Karena Manusia tidak akan bisa merubah nasibnya kecuali dia sendiri yang merubahnya. Allah berfirman :
                  •         
Terjemahnya :
Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.


Oleh karena itu, Islam mengajarkan umatnya untuk tidak menjadi generasi pemalas. Generasi yang hanya menengadahkan kedua tangan memohon belas kasihan kepada orang lain. Tuhan juga sangat membenci orang-orang yang tidak mau bekerja dan sangat menyukai orang yang mempergunakan tangannya untuk bekerja. Allah swt berfirman :


               
Terjemahnya :
Apabila Telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.


Dengan demikian, ikhtiyar dan doa harus beriringan dalam aktifitas sehari-hari. Usaha tanpa doa menjadi sia-sia. Doa tanpa ikhtiyar juga tidak beguna.

Komentar :

ada 0 komentar ke “PENTINGNYA DOA DAN IKHTIYAR DALAM SEGALA AKTIFITAS/SEHARI-HARI (Malam Ke-10)”

Posting Komentar

 

© 2011 Fresh Template. Powered by Blogger.

Pusat PASIH by Dirja.